Menurut hasil penelitian menyatakan bahwa semakin besar tingkat pendapatan Anda, semakin besar pula pengeluaran Anda. Jadi, jika Anda tidak pintar dalam mengatur keuangan Anda, berapapun gaji yang Anda dapatkan tidak akan membuat Anda semakin kaya. Padahal sebenarnya kebutuhan Anda tetaplah sama, namun keinginan akan bertambah seiring bertambahnya gaji Anda. Itulah yang menyebabkan besarnya pengeluaran.

Apalagi bagi Anda yang saat ini masih belum berkeluarga, belum memikirkan kebutuhan istri dan anak. Seharusnya bisa menabung lebih banyak, tapi pendapatan masih saja terasa kurang. Hanya karena ingin tampil modis dan menarik perhatian lawan jenis. Lalu bagaimana solusinya? Untuk itu disini kami akan berbagi tips untuk Anda, bagaimana cara mengatur keuangan dengan bijak. Inilah 7 cara jitu mengatur keuangan.

Cara Jitu Mengatur Keuangan

  1. Bedakan antara ‘kebutuhan’ dan ‘keinginan’

Yang menjadi salah satu sumber masalah seseorang dalam hal keuangan adalah tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Banyak orang menganggap bahwa dia mengeluarkan uangnya untuk memenuhi kebutuhan, padahal jika dihitung secara rinci akan diketahui sebagian besar digunakan untuk keinginan semata.

Oleh karena itu, Anda harus membuat daftar prioritas kebutuhan, bedakan mana kebutuhan yang harus dipenuhi lebih dulu dan mana yang tidak perlu. Catat dalam buku kecil atau laporan keuangan Anda agar lebih teratur. Dari sana Anda akan tahu pendapatan Anda digunakan untuk apa saja, dan barang apa yang harus dikurangi untuk menghemat pengeluaran.

  1. Biasakan membuat rencana keuangan

Cara jitu mengatur keuangan selanjutnya yaitu dengan membuat rencana keuangan. Baik untuk jangak pendek maupun untuk jangka panjang atau masa depan Anda. Catat semua sumber pendapatan Anda (jika Anda memiliki sumber pendapatan lebih dari satu) dan semua pengeluaran Anda. Bedakan antara kebutuhan primer, sekunder, dan tersier dengan skala Anda sendiri.

Tahan diri Anda untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan, sebaliknya gunakanlah uang tersebut untuk menabung atau investasi jangka panjang.

  1. Jangan lupa menabung dan investasi

Menabung dan investasi merupakan salah satu cara jitu mengatur keuangan. Bagaimana tidak, dengan menabung dan berinvestasi maka Anda tidak perlu pusing dengan masa depan Anda. Namun sayangnya menabung dan berinvestasi terasa sulit dilakukan bagi sebagian besar masyarakat.

Jika Anda mengalami hal yang sama, cobalah Anda untuk mengambil setidaknya 10% dari pendapatan Anda setiap bulannya saat baru menerima gaji. Gunakan uang tersebut untuk menabung atau untuk investasi dibidang lainnya. Sebenarnya jika Anda mempunyai uang lebih sebaiknya digunakan untuk investasi. Karena dengan investasi Anda bisa medapatkan tambahan pendapatan.

  1. Memilih ‘cash’ daripada ‘kredit’

Umumnya orang berpikir jika pembelian Cash dirasa lebih berat daripada Kredit. Padahal jika Anda hitung lebih teliti, jelas beban Anda semakin berat jika Anda melakukan pembelian secara kredit. Memang dengan pembelian secara kredit terasa ringan karena Anda membayar sedikit demi sedikit setiap bulannya.

Tapi, pernahkah Anda berpikir jika uang selisih antara kredit dan cash tersebut bisa Anda gunakan untuk hal lain? Jika memang barang yang ingin Anda beli tersebut bukanlah kebutuhan mendesak, sebaiknya tahan dulu diri Anda dan memilih menabungnya dan membelinya secara cash atau tunai saat semua uang telah terkumpul.

  1. Jangan terbawa arus mode

Cara jitu mengatur keuangan yang ke empat adalah dengan jangan terbawa arus mode. Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang hanya agar terlihat modis, tidak ketinggalan zaman. Jika Anda termasuk dalam tipe ini maka tidak heran jika Anda tidak bisa menabung, dan berapapun gaji Anda akan terasa kurang. Jangankan untuk menabung, terkadang kebutuhan pokokpun akan terabaikan hanya untuk membeli barang yang sesuai trend saat ini.

  1. Ambil pekerjaan tambahan

Jika Anda merasa bahwa pendapatan Anda saat ini masih belum cukup, Anda bisa mengambil pekerjaan baru untuk menambah pendapatan. Hal ini menjadi salah satu cara jitu mengatur keuangan Anda, carilah pekerjaan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Anda juga bisa mencoba membuka bisnis kecil-kecilan, apalagi di zaman modern seperti sekarang ini bisa berjualan hanya dengan modal kecil.

  1. Hindari hutang

Kesalahan yang dilakukan seseorang saat terhimpit masalah keuangan adalah dengan berhutang. Dan saat keuangan telah membaik, lupa untuk membayar hutang sehingga hutang semakin menumpuk seiring berjalannya waktu. Perlu Anda ketahui jika hutang bukanlah solusi untuk masalah keuangan Anda, justru semakin menambah berat beban Anda di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda akan langsung Terhubung dengan kami via WhatsApp - Silahkan Klik Nama dibawah ini.

Call & Chat via WhatsApp Klik Disini