Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. salam Sejahtera dan semoga hanya kebaikan yang selalu menyertai kita semua, Amin. Pada kesempatan kali ini saya, Abah Romdhoni akan membahas mengenai cara berdagang sembako untuk pemula.

Usaha sembako sejak dulu tidak pernah mati meski saingan pasar semakin banyak. Namanya juga kebutuhan pokok, semua orang selalu membutuhkannya untuk kebutuhan sehari-hari. Sehingga, usaha warung sembako cenderung bertahan lama.

Jika anda ingin memulai usaha sembako, tidak perlu khawatir ataupun bingung. Saya punya beberapa opsi mudah cara berdagang sembako untuk anda:

  1. Pemilihan Lokasi

Karena sembako membutuhkan pelanggan tetap yang setiap hari datang, anda perlu memilih lokasi yang tepat. Ini adalah langkah pertama yang menentukan kesuksesan warung anda berikutnya.

Tentu jika menggunakan cara jualan sembako biar laris, anda perlu memilih tempat yang strategis. Misal, di perumahan, pasar tradisional, atau kawasan ramai seperti area sekolah maupun kost.

  1. Memilih dan Menentukan Supplier Warung

Setelah memilih lokasi, anda bisa memikirkan isi warung sembako. Warung sembako biasanya tidak memproduksi sendiri, melainkan membeli kepada supplier.

Kini, sangat mudah menemukan supplier untuk warung sembako. Tapi, anda perlu teliti dalam memilih supplier agar usaha anda bisa lebih maksimal dan menguntungkan. Supplier dalam warung sembako seringnya berkelanjutan.

Saran saya, anda jangan hanya mengambil semua barang dari satu supplier. Lebih baik jika anda memiliki beberapa supplier untuk berbagai produk berbeda. Pilih supplier yang menawarkan harga murah, namun berani bersaing kualitas.

  1. Perhitungan modal yang tepat

Perhitungan modal juga jadi satu poin penting. Perhitungkan baik-baik modal dalam lahan dan dana anda. Ada cara berdagang sembako modal kecil, yakni mulai di bawah 10 juta rupiah.

Jika anda memiliki sedikit lahan, anda bisa membuka warung sembako anda di emperan rumah atau teras. Asalkan, masih terlihat sehingga orang masih mudah menemukan toko anda. Anda juga bisa menyewa di pasar jika mampu.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik Anda

Pembeli adalah kunci kesuksesan warung sembako. Meski pembeli warung anda hanya orang sekitar atau tetangga, jangan abaikan poin ini.

Cara berdagang sembako sukses bisa dimulai dengan memberikan pelayanan terbaik, sapa dengan senyuman. Bersikap ramah selalu dan bersedialah untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Komunikasi dengan pelanggan juga harus anda jaga agar mereka tetap loyal. Bila perlu, buatlah warung anda jadi tempat berkumpul dan bercengkrama dengan orang sekitar. Dengan ini, mereka akan nyaman.

  1. Keragaman Barang

Tak kalah penting, anda perlu menyediakan berbagai varian barang dagangan. Semakin lengkap, tentu pelanggan semakin nyaman.

Kini, sudah banyak toko sembako modern yang sekaligus menyediakan kebutuhan seperti pulsa dan voucher listrik. Bahkan, mereka menyediakan pembayaran cashless atau via aplikasi. Ini bisa jadi nilai lebih untuk warung sembako anda.

  1. Rapikan Peletakan Barang

Ketika calon pembeli memasuki toko, pastikan mereka nyaman untuk melihat dan mencari barang yang mereka inginkan. Ini juga membantu anda sebagai pedagang.

Rapikan dan golongkan sesuai barangnya. Misal, jangan campurkan sabun dengan beras dan telur. Anda bisa memajang seperlunya di toko dan menyimpan sebagian besar di gudang.

Memiliki gudang akan sangat membantu menata toko, karena dengan demikian toko tidak akan terlihat sesak dan terlalu penuh. Tidak perlu besar, yang penting bisa menjaga barang dagangan anda.

Itu dia 6 cara berdagang sembako untuk pemula yang bisa saya bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat, dan anda segera memulai usaha anda.

Terima kasih. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.