Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera semoga hanya kebaiakan yang menyertai kita semua . .

Salah satu  pertanyaan yang peling sering saya terima dari salah klien adalah kenapa dagangan saya tidak laris , padahal saya sudah mengobral, memberi potongan harga, sudah di turunkan ke yang paling termurah, tapi tetap sajja kurang laris, kira-kira penyebab nya apa bah?

Sebenar nya banyak dan beragam sekali penyebabnya, dan tidak bisa saya jelaskan secara detail mengingat jenis usaha banyak sekali, namun dalam vidio kali ini saya bahas secara umum.

Mungkin tidak 100% pas dengan usaha anda, namun sedikit banyak semoga bisa membantu anda untuk mengetahui kenapa dagangan anda tidak laris padahal sudah Obral dan Diskon

Langsung saja Yang pertama adalah Salah target pasar, target pembeli anda harus jelas, baru anda bisa menentukan apa yang anda jual danberapa harganya. Saya beri contoh kesalahan target pasar anda. anda membuka warung makan kecil-kecilan di sekitaran perumahan elit, mau semurah apapun tentu akan kurang laku. Ganti target pasar anda, jika memang usaha anda warung makan kecil-kecilan bisa pindah ke lingkungan pabrik, kampus atau sejenisnya

Lanjut Yang kedua Kualitas memang buruk, ya mau di obral , mau di diskon juga sulit untuk laris, saya beri contoh misalkan anda seorang pedagang mobil, kalau kualitas mobil kurang bagus, mau harga murah pun pembeli pasti ragu, mengingat nanti ada biaya besar untuk perawatan dan sebagainya, contoh lain misal anda pedagang kambing atau sapi, jika kambing atau sapi nya penyakitan mau ada obral pun sulit, karena pembeli pasti berfikir untuk pengobatan atau perawatan khusus.

Kemudian penyebab Yang ketiga Tempat yang tidak strategis, atau tidak tepat. Ini samal hal nya contoh kasus di poin pertama tadi

Yang ke empat Pelayanan buruk, saya beri contoh anda tentu pernah membeli barang elektronik, sebut saja TV, toko yang menjual tv tentu tidak hanya satu, di satu blokc ada belasan atau bahkan puluhan toko yang menjual TV dengan merk dan tipe yang sama, ketika anda suddah surveike beberapa toko, anda tentu pernah membeli TV atau barang elektronik lainya di salah satu toko yang harga nya tidak termurah, tapi anda membeli karena keramahan dari karyawan atau pemilik toko tersebut. Jadi intinya mau obral dan diskon harga jika pelayanan buruk juga sulit

Yang ke lima Gagal bersaing dengan toko atau usaha lainya, seperti becak, tentu sekarang tarif nya murah, tapi sekarang ini gagal bersaing dengan ojek online atau angkuan umum, mau menurunkan tarrif nya lagi tetap saja kalah bersaing.

Yang ke enam branding anda atau produk anda kurang baik, saya jelaskan dulu branding anda, misalnya anda pernah melayani pembeli dengan buruk, mungkin ketika anda bad mood, atau memang pembeli nya yang kurang baik, mungkin hanya satu pembeli yang anda layani dengan buruk, akan tetapi satu pembeli ini tidak akan datang lagi ke toko anda, belum lagi satu pembeli ini akan bercerita ke rekan atau orang di sekitar nya bahwa pelayanan toko anda buruk, maka terciptalah branding buruk untuk toko anda. kalau sudah begini mau di obral juga sulit. Kemudia branding produk yang buruk, misalnya produk tersebut sudah terkenal gampang rusak. Maka akan sulit menjual nya meskipun dengan harga yang rendah.

Dan Yang terakhir tidak ada pelayanan setelah pembelian , atau after sale . misalkan di awal pembelian anda sudah memberi tahu bahwa produk yang anda jual tidak bergaransi. Ini juga akan sulit walaupun anda sudah obral dan diskon.

Dan masih banyak penyebab lain nya, yang menyesuaikan kondisi masing-masing usaha anda.

Saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan berkaitan dengan Penyebab dagangan tidak laris padahal sudah obral dan diskon.

Terimakasih, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya, akhir kata jika ada kebenaran yang saya katakan, itu semata dari Tuhan YME, jika ada salah kata saya pribadi mohon maaf. Saya Abah Romdhoni.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.