Salam sejahtera semoga hanya kebaikan yang menyertai kita semua . .

Dulu saya pernah di tanya satu orang klien , bah usaha apa yang tidak akan bangkrut dan pasti laris.

Dan saya jawab Apotek, setelah sekian tahun, klien saya tersebut datang lagi dan usaha nya tersebut stagnan, memang tidak sampai bangkrut tapi pendapatan kembang kempis hanya cukup untuk menggaji karyawan dan operasional saja.

Ternyata anggapan saya salah, apapun usaha nya pasti ada resiko stagnan bahkan bangkrut, termasuk usaha apotek.

Untuk klien saya tadi, seperti pada umum nya klien saya tentu saya sarankan menggunakan mustika pelarisan khusus.

Setelah itu tidak sampai satu tahun beliau mengabari bahwa usahanya banyak perubahan , omset pun sedikit demi sedikit bertambah.

Nah belajar dari masalah tersebut saya akan share beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menaikkan omset usaha apotek anda, selain tentu nya menggunakan mustika pelarisan khusus.

Langsung saja yang pertama Promosi atau iklan, ya apapun usaha anda promosi atau iklan mutlak harus anda lakukan, kalau perlu sediakan budget khusus untuk promosi atau iklan ini. Anda bisa melakukanya dengan media elektronik atau cetak

Yang kedua jalin komunikasi dengan sesama pengusaha apotek, dengan kantor instansi terdekat terutama dengan kantor instansi kesehatan.

Yang ketiga Tingkatkan dan pertahankan kualitas pelayanan, ini sebenarnya bukan tips khusus tapi tips umum yang memang seharusnya dilakukan oleh semua pengusaha, tapi dalam lapangan masih saja ada yang mengabaikanya, merasa sudah di tingkatkan pelayanan tapi setelah dua atau tiga bulan kembali ke semula, untuk meningkatkan pelayanan memang mudah yang sulit adalah mempertahankanya. Contoh meningkatkan pelayanan adalah dengan menambah karyawan jika memang di butuhkan

Yang ke empat Kebersihan , ini juga tips umum yang mutlak harus dilakukan, apotek jika tidak bersih bisa dipastikan apotek tersebut akan sepi

Yang kelima Penataan, penataan barang – barang harus pas, untuk ini anda tetntu lebih tahu mana yang harus di taruh di etalase depan, samping, belakang atau bahkan di bagian gudang.

Yang ke enam Pencahayaan, pastikan pencahayaan apotek anda bagus, baik cahaya matahari maupun cahaya lampu di dalam ruangan, untuk pencahayaan akan lebih maksimal lagi jika pemilihan warna tembok dengan warna yang tepat

Yang ke tujuh buat sesuatu yang menonjol yang menunjukkan bahwa apotek anda itu ada, entah menggunakan reklame atau apapun yang bisa menunjukkan, “ini lho ada apotek disini”

Yang ke delaman Ketersediaan stock barang harus selalu tersedia, barang yang paling banyak di cari usahakan selalu ready stock, dengan begitu anda akan mendapatkan kepercayaan dari pembeli

Yang terakhir atau ke sembilan Konsisten dengan waktu buka, jika anda buka 24 jam, pastikan selama 24 jam itu anda memang benar benar buka, jika tidak atur waktu kapan anda buka dan tutup, beritahu pembeli anda lewat tulisan atau pengunguman di tembok bagian depan agar semua pembeli anda tahu jam tutup dan buka apotek anda.

Saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan berkaitan 9 Cara meningkatkan omset untuk usaha apotek, semoga bermanfaat untuk anda.

Terimakasih, sampai jumpa dikesempatan selanjutnya, akhir kata jika ada kebenaran yang saya katakan, itu semata dari Tuhan YME, jika ada salah kata saya pribadi mohon maaf. Saya Abah Romdhoni.

Wassalamualaikum Wr. Wb

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.